Sejarah Inti Daya Indonesia

Ari Choirul Anwar mengawali kariernya sebagai seorang praktisi pemberdayaan diri sejak tahun 2008 dan hingga saat ini masih aktif sebagai praktisi pemberdayaan diri di berbagai bidang keilmuan. Tahun 2013 merupakan tahun pertemuan Mohamad Toha dengan Ari Choirul Anwar. Mohamad Toha adalah seorang direktur sebuah perusahaan bahan bakar yang pada saat itu menjalin bisnis dengan Ari Choirul Anwar.

Pertemuan keduanya berlangsung cukup lama hingga saat ini dan memunculkan kreatifitas-kreatifitas baru dalam kehidupan keduanya. Mohamad Toha yang memiliki latar belakang penggiat keilmuan tradisional mulai menggali berbagai pemahaman yang dimiliki oleh Ari Choirul Anwar khususnya dalam bidang keilmuan pengembangan pikiran. Ari Choirul Anwar pun tak mau diam dan justeru melakukan hal yang sama yaitu saling menggali satu sama lain tentang hal-hal yang ada kaitannya dengan berbagai keilmuan yang dikuasai oleh masing-masing pihak.

Tahun 2015 adalah tahun dibentuknya Inti Daya Indonesia oleh mereka berdua. Pembetukan Inti Daya didasari atas banyaknya kekeliruan pemahaman mengenai konsep kekuatan dasar dalam diri manusia yang terlanjur banyak dipahami oleh masyarakat luas. Kekeliruan ini berdampak pada lambatnya perkembangan kualitas kehidupan manusia yang akhirnya dirasakan oleh hampir semua orang.

Mereka percaya bahwa dalam diri manusia sudah ada kekuatan maha dahsyat yang bisa diaktivasi dan dimanfaatkan untuk menunjang berbagai kebutuhan dalam proses kehidupan yang lebih baik. Ada banyak orang mencari cara-cara instan dan rumit dalam upaya untuk meningkatkan kualitas kehidupannya. Namun hal itu tidak berlaku atau berhasil sempurna untuk setiap orang karena ada banyak sekali faktor-faktor penghambat dalam mencapai kesuksesan yang diupayakan oleh setiap individu. Faktor penghambat tersebut ada yang nampak jelas dan ada pula yang tidak nampak.

Secara sederhana, Ari Choirul Anwar & Mohamad Toha membagi kekuatan manusia menjadi 4 Elemen. Apa yang saat ini dikupas secara tuntas didalam setiap pelatihan Inti Daya adalah hasil dari pengembangan 4 Elemen tersebut yaitu :

1. Fisik

Fisik merupakan sebuah elemen kekuatan dalam diri manusia yang nampak dan dapat terlihat dengan jelas. Banyak orang tidak menyadari bahwa fisik beserta seluruh bagian-bagiannya adalah asset terbesar yang diberikan oleh tuhan kepada setiap manusia. Tetapi fisik sangat berkaitan erat dengan pikiran, energy, dan spiritual.

2. Pikiran

Pikiran manusia terbagi menjadi beberapa fungsi. Fungsi yang paling sering digunakan adalah fungsi Pikiran Bawah Sadar. Fungsi lainnya yang tak kalah menarik adalah Pikiran Sadar dan Pikiran Tak Sadar. Sayangnya masih banyak sekali teman-teman kita diluaran sana yang belum mampu memaksimalkan manfaat dari fungsi-fungsi pikiran ini.

3. Energy

Energy adalah kekuatan yang tidak dapat terlihat dan hanya dapat dirasakan. Seseorang yang diselimuti energy negatif dipercaya akan banyak mengalami masalah dalam kehidupannya. Secara sederhana dalam pemahaman Inti Daya, energy terbagi menjadi 2 jenis. yang pertama adalah Energy Eksternal dan Energy Internal. Arti dari keduanya adalah Energy yang berada dari dalam diri manusia dan dari luar diri manusia.

4. Spiritual

Spirit atau spiritual merupakan elemen penting yang akan menjadikan penyeimbang pada 3 elemen diatas. Tanpa spiritualitas, maka manusia akan menjadi barbar dan bukan tidak mungkin jika dunia ini akan terjadi peperangan setiap saat. Adanya spiritualitas dalam diri manusia juga berfungsi sebagai penyejuk dalam menghadapi banyaknya masalah yang muncul tanpa dapat diduga.

Dari keempat elemen diatas, tentu kita semua akan dapat merasakan manfaat yang luar biasa apabila kita mampu memaksimalkan apa yang telah tuhan berikan kepada kita. Sayangnya sekali lagi saya katakan bahwa masih sangat banyak orang-orang diluar sana yang belum menyadari pentingnya pemanfaatan dan penyelarasan keempat elemen dasar kekuatan manusia tersebut.

Atas permasalahan dan pertimbangan inilah Inti Daya dipublikasikan oleh Ari Choirul Anwar dan Mohamad Toha dengan harapan agar setiap manusia bisa memaksimalkan apa yang telah tuhan berikan dan menjadi karunia bagi kita semua.

Inti Daya Indonesia akan menjadi satu keilmuan yang akan tersebar luas hingga ke seluruh pelosok negeri Indonesia yang kita cintai ini dan bahkan akan disebarkan pula keseluruh dunia.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.