Perlunya Mengenal Diri Sendiri “Jati Diri”

Pada dasarnya manusia dilahirkan sudah memiliki potensi dan kecenderungan tertentu yang apabila didukung oleh lingkungan yang positif, maka ia akan berkembang sesuai dengan potensinya tersebut. Potensi diri adalah kemampuan dasar yang dimiliki manusia yang masih terpendam didalam diri dan menunggu diwujudkan untuk menjadi manfaat nyata dalam kehidupan manusia. Tidak ada satupun manusia yang dilahirkan dengan tidak memiliki sebuah kelebihan. Artinya, semua orang pasti memiliki potensi dan bakatnya masing-masing. Hanya masalahnya, apakah bakat dan potensi itu dikembangkan atau dibiarkan berkarat sehingga menjadi tumpul. Hal tersebut tergantung dari cara orang itu menyikapi apa yang terjadi dalam hidupnya untuk mengerti tentang jati dirinya.

Seiring dengan perkembangan jaman, saat ini manusia dituntut untuk memiliki wawasan yang luas. Untuk itu kita sebagai manusia harus mengetahui jati diri yang ada pada diri kita agar kita dapat mengembangkan potensi tersebut. Menemukan dan mengasah potensi yang ada pada diri kita bisa kita dapatkan melalui pendidikan formal maupun informasi.

Setiap manusia memiliki kewajiban untuk terus menggali bakat dan potensi diri. Yang harus ditekankan adalah, bahwa jati diri itu bukan sebatas potensi diri, tetapi bagaimana kemampuan seseorang untuk terus menjaga dan mengembangkan potensi diri tersebut, inilah makna jati diri Manusia yang sesungguhnya.

Banyak orang yang tidak mengenali dirinya sendiri secara lebih jauh. Akibatnya, mereka lebih mudah merasakan stres, ketidakbahagiaan, ataupun kegagalan. Fenomena tersebut banyak dijumpai pada orang dewasa yang telah bekerja. Walaupun tidak sedikit dari remaja atau pemuda yang telah mengalaminya.

Sebagai manusia, kamu tidak ingin kan masa depanmu suram? Pasti kamu ingin masa depanmu cerah. Nah, dari sekarang rajin-rajinlah mengenali diri sendiri. Berikut adalah pertanyaan-pertanyaan mendasar yang dapat digunakan untuk “memancing” guna mengenali diri sendiri:

  1. Siapakah saya?
  2. Apa kekuatan saya dibandingkan dengan orang lain?
  3. Apa keunikan yang saya miliki?
  4. Apa bakat saya?
  5. Mengapa saya diciptakan ke dunia ini?
  6. Apa yang saya cari di dunia ini?
  7. Apa tujuan hidup saya?
  8. Jika meninggal, ingin dikenal seperti siapakah saya oleh orang-orang yang  masih hidup?
  9. Apa impian terbesar saya?
  10. Apa cita-cita saya?
  11. Apa target hidup saya 1, 5, 10, 25, 40, atau 50 tahun mendatang?
  12. Apa saja 10 sifat dan karakter positif yang saya miliki?
  13. Apa saja 10 sifat dan karakter negatif yang dapat menghambat keberhasilan saya?
  14. Apa definisi keberhasilan menurut saya?
  15. Apakah definisi kebahagiaan menurut saya?
  16. Kegiatan apa saja yang mau saya kerjakan walau tidak dibayar?
  17. Keterampilan apa saja yang telah saya miliki?
  18. Siapakah sosok teladan dalam kehidupan saya?

Dengan mengerti dan mengenali diri sendiri, akan membuat kita menjadi pribadi yang lebih bersyukur Kita akan menyadari bahwa diri kita itu adalah sesuatu yang penting. Diciptakan dengan segala kerumitan didalamnya yang sangat teratur dan presisi. Segala proses yang terjadi didalam diri kita sangat kompleks namun tetap teratur. Jika kita menyadari hal ini, tentu kita tidak akan menyia-nyiakan diri sendiri.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.