Peranan Subtle Energy Dalam Kehidupan

Banyak orang yang belum menyadari keberadaan serta peranan subtle energy disekitarnya. Fenomena tentang keberadaan serta fungsi dari subtle energy ini masih banyak pula yang meragukan. Dikarenakan sifatnya yang “halus” sehingga sulit untuk dirasakan oleh kita. Subtle Energy bersifat umum, yaitu dapat bersifat positif maupun negatif. Untuk Subtle Energy yang bersifat positif, yang berguna bagi kesehatan manusia, orang barat seringkali menyebutnya sebagai The Universal Life Force Energy, atau energi kehidupan.

Sejak jaman dahulu kala, terutama dalam tradisi penyembuhan kuno (misal Ayurvedic di India), dalam suatu upaya penyembuhan terhadap seorang pasien, selalu melibatkan berbagai aspek, atau bersifat holistik (menyeluruh). Pasien tidak saja diberikan pengobatan secara fisik, misalkan dengan memberikan herbal, akan tetapi juga diberikan penyembuhan yang bersifat menyelaraskan kembali tubuh non fisik dari Pasien, khusus di India, pasien juga diselaraskan unsur Prana-nya, dimana Prana ini adalah sebutan bagi sebuah unsur alam yang mungkin tidak dapat dilihat secara nyata, tetapi dapat dirasakan keberadaan dan efeknya.

Di tempat lain, unsur alam serupa juga diyakini mempengaruhi kualitas kesehatan manusia, walaupun mungkin penamaannya berbeda. Di China dikenal dengan sebutan Chi, di Jepang dinamakan Ki, di Polynesia disebut Manna atau Hunna, dan di Timur Tengah dinamakan Barraka.

Bersamaan dengan lahirnya berbagai tradisi penyembuhan kuno ini, juga lahir berbagai metode untuk mengakses unsur alam ini. Metode yang banyak dikenal oleh masyarakat kita diantaranya adalah Reiki, Pranic Healing, Chikung, Tenaga Dalam, dsb.

Seseorang yang berada dalam lingkaran subtle energy yang negatif cenderung akan banyak mengalami banyak masalah baik yang terkait dengan fisik, mental, dan sosial. Hal ini berlaku sebaliknya untuk mereka yang dikelilingi subtle energy yang positif.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.