Mengupas Ilmu Kebatinan

Banyak diantara kita yang ternyata belum mengerti mengenai ilmu kebatinan ini. Ilmu batin ini bukanlah ilmu untuk pengasihan, kekebalan, atau ilmu-ilmu berbau mistik lainnya. Ilmu kebatinan adalah mengenai segala sesuatu yang dirasakan manusia pada batinnya yang paling dalam dan hal ini sangatlah erat kaitanya antara hubungan manusia dengan tuhan sang pencipta alam.

Ilmu kebatinan adalah suatu ilmu yang mempelajari bagaimana mengubah batin agar lebih dekat dengan Allah dan mendapatkan ketenangan dan membangkitkan hal positif dalam diri manusia. Tujuan utama dari ilmu ini adalah untuk menguatkan iman terhadap Tuhan agar lebih meyakini kehadiran Tuhan dalam menjadi tuntunan kehidupan. Perkembangan ilmu kebatinan sangat pesat, hal ini dibuktikan berbagai kalangan yang terkadang memberikan berbagai pengobatan berdasarkan kekuatan batin ini. Tidak banyak yang salah mengartikan ilmu ini sebagai sesuatu yang negatif. Namun tentu dengan kepercayaan terhadap Allah yang menuntun dalam seluruh aktivitas, pemahaman negatif tersebut dapat di hindari.

Mengapa banyak orang ingin mendapatkan ilmu kebatinan ini ? selain bermanfaat untuk diri sendiri, juga dapat bermanfaat untuk membantu orang lain. Tentunya dengan perbuatan baik serta kebajikan yang terus dilakukan.

lmu kebatinan memiliki manfaat untuk meningkatkan keyakinan dan dalam meningkatkan ilmu batin yang ada pada diri manusia. Ilmu ini dapat meningkatkan beberapa kemampuan berikut ini.

  1. Membuka indera ke enam, bagi sebagian orang indera ke enam sudah sangat populer. Indera ke enam ini sangat banyak di pelajari oleh masyarakat, banyak yang mencari bagaimana cara membuka indera ke enam untuk melihat serta merasakan hal hal yang tidak dapat dirasakan manusia normal.
  2. Dapat mengetahui hati dan perasaan orang lain. Dengan ilmu batin anda dapat mengetahui perasaan orang lain yang ada disekitar kita. Ini diperlukan untuk mengobati serta mengurangi stress yang ada pada dirinya.
  3. Batin yang lebih peka terhadap isyarat alam seperti jika akan terjadi bencana atau kejadian masa depan disekitarnya.
  4. Melihat ghaib dan hal hal aneh yang tidak dapat dilihat orang umum.
  5. Memiliki mata batin, banyak orang yang ingin mempelajari cara membuka mata batin dengan mempelajari doa dan pendekatan diri pada Allah. Mata batin ini merupakan salah satu bagian dari ilmu kebatinan.
  6. Kekebalan, beberapa orang mengakui bahwa kekebalan juga termasuk dalam salah satu ilmu batin.

Kebatinan termasuk juga mengenai penghayatan atas apa yang dirasakan oleh orang-orang yang sangat tekun dalam beribadah dan murni dalam agamanya, karena setiap agama pun mengajarkan juga tentang apa yang dirasakan hati dan batin, mengajarkan untuk selalu membersihkan hati dan batin, bagaimana harus berpikir dan bersikap, dsb, dan di dalam setiap firman dan sabda terkandung makna kebatinan dan spiritual yang harus dihayati dan diamalkan oleh para penganutnya. Bahkan panggilan hati yang dirasakan orang untuk beribadah, itu juga batin. Dan dalam batin itu sendiri tersimpan sebuah kekuatan yang besar jika sengaja dilatih dan diolah. Kekuatan batin menjadi kekuatan hati dalam menjalani hidup dan memperkuat keimanan seseorang.

Sebagian besar penghayatan kebatinan dan aliran kebatinan yang ada (di seluruh dunia) adalah bersifat kerohanian dan keagamaan, berisi upaya penghayatan manusia terhadap Tuhan (Roh Agung Alam Semesta) dengan cara pemahaman mereka masing-masing. Tujuan tertinggi penghayatan kebatinan mereka adalah untuk mencapai kesatuan (manunggaling) dan keselarasan dengan Sang Pribadi Tertinggi (Tuhan). Oleh sebab itu para penganut kebatinan berusaha mencapai tujuan utamanya, menyatu dengan Tuhan, menyelaraskan jiwa manusia dengan Tuhan, melalui olah batin, laku rohani dan laku berprihatin, menjauhi (tidak mengutamakan) kenikmatan hidup keduniawian, menjauhi perbuatan-perbuatan yang terlarang dan menyelaraskan cara hidup mereka dengan cara hidup yang menjadi kehendak Tuhan.

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.